Definisi ICAO Dalam Dunia Penerbangan

Definisi ICAO Dalam Dunia Penerbangan

Untuk memasuki dunia penerbangan, ada beberapa hal yang harus diketahui. Terutama terkait kode penerbangan yang sudah diatur dalah aturan-aturan khusus.

Di antara yang mengatur hal tersebut adalah ICAO atau yang akrab dikenal dengan sebutan sebagai International Civil Aviation Organization.

Yaitu sebuah badan organisasi yang didirikan oleh PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) untuk mengatur dan mengorganisir sistem penerbangan dan navigasi udara international di seluruh belahan dunia.

ICAO sendiri merupakan lembaga yang berguna untuk mengembangkan teknik dan prinsisp-prinsip navigasi udara serta membantu perkembangan perencancanannya.

Lembaga ini secara resmi didirikan pada tanggal 4 April 1947 oleh PBB sebagai pengganti PICAO (Provisional International Civil Aviation  Organization) dengan beranggotakan berbagai negara.

Setiap negara yang menjadi anggota dari ICAO harus mentaati setiap aturan yang sudah tersusun dan terstruktur.

Baca Juga : Apakah Pramugari Harus Cantik? Inilah Syarat Menjadi Pramugari

Aturan-aturan yang sudah disepakati dalam ICAO diatur dalam undang-undang yang disebut 18 Annex dan aturan-aturan lain di bawahnya yang selalu diperbarui melalui amandemen-amanden dan revitalisasi bersama realitas yang ada.

Aturan-aturan ini pun merupakan kebijakan-kebijakan yang diputuskan berdasarkan fakta dan kebenaran yang ada.

Sehingga dasar dan pola kebijakannya tidak terlepas dari pola-pola penelitian dan pengembangan. Baik yang berupa teoritis dari ilmu-ilmu pengetahuan, atau pun berupa eksperimental dan analisis.

Kebijakan dan aturan yang sudah disepakati dalam 18 Annex ini pada dasarnya merupakan standarisasi yang ditujukan kepada seluruh anggota ICAO untuk menjamin keselamatan penerbangan international.

Akan tetapi semakin kesini ICAO justru dikajikan standar kelayakan sebuah penerbangan internatioal di suatu negara.

Oleh sebab itu aturan-aturan yang berkaitan dengan keamanan dan keselamatan di suatu negara haruslah sesuai dengan kebijakan 18 Annex ini.

Dan, tentu harus sejalan dengan paradigma 18 Annex yang sudah terbentuk dan menjadi kesepakatan.

18 Annex meliputi:

  1. Personal Licensing mengenai izin terhadap awak pesawat untuk mengatur lalu lintas udara dan menentukan personilnya
  2. Rules of The Air  yang meliputi aturan-aturan yang berkaitan dengan  penerbangan secara visual dan penerbangan menggunakan instrument
  3. Meterological Service for International Air Navigation yang memuat aturan tentang layanan meteorological dan memberitahukan hasil observasinya dari pesawat udara
  4. Aeronautical Charts yaitu aturan menengai jalur peta aeronautical yang digunakan dalam penerbangan international
  5. Units of Measurement to be Used in Air and Ground Operation, yaitu aturan tentang ukuran-ukuran satuan yang digunakan dalam penerbangan

Dan beberapa aturan Annex lainnya yang telah dijadikan pijakan di banyak negara di dunia dalam mengatur sistem penerbangan di negaranya.

Aturan-aturan yang terbentuk ini tidaklah bersifat fiksasional. Melainkan terus dikembangkan dan dikontekstualisasikan sesuai kebutuhan. Tentunya negara yang telah menjadi anggota ICAO harus mematuhi dan menjalankan aturan 18 Annex ini.

Hal ini dikarenakan mematuhi hal-hal yang mengatur silkulasi sistem penerbangan adalah hal paling fundamental. Karena jika tidak, dihawatirkan akan mengancam keselamatan dan lalu lintas udara international.

Beberapa tujuan didirikannya ICAO

  1. Sebagai badan pengawas persaingan antar negara dalam mengembangkan sistem dan maskapai penerbangan
  2. Menjaga keseimbangan perekonomian dan mencegah adanya kecurangan dalam menjalankan aturan penerbangan international
  3. Mendorong dan memotivasi seni dan rancangan pengoprasian pesawat untuk tujuan kedamaian
  4. Memenuhi kebutuhan masyarakat umum di seluruh dunia kepada transportasi udara yang aman, nyaman, efisien dan tentunya ekonomis
  5. Mendorong pembangunan sarana pra-sarana penerbangan bagi navigasi-navigasi penerbangan internasional
  6. Menjamin perkembangan penerbangan sipil dan keamanannya di seluruh dunia

Baca Juga : Apakah Lulusan SMA Bisa Menjadi Pramugari? Inilah Jawabannya

Dan masih banyak lagi tujuan-tujuan didirikannya ICAO yang telah disepakati bersama sebagai standarisasi sistem penerbangan di negara-negara dunia untuk menjamin terwujudnya sistem penerbangan international yang aman dan teratur.

Informasi Sekolah Penerbangan

Bagi kalian yang berminat bekerja di dunia penerbangan, seperti menjadi pramugari, pramugara, ataupun staff penerbangan tidak ada salahnya mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan. FAAST Penerbangan merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik yang ada di Indonesia.

FAAST Penerbangan memiliki fasilitas yang memadai, didukung dengan instruktur yang berpengalaman dibidangnya, serta biaya pendidikan yang terjangkau membuat sekolah ini menjadi sekolah penerbangan yang wajib kalian pilih. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi website FAAST Penerbangan.

Demikian ulasan tentang Definisi ICAO Dalam Dunia Penerbangan. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: