Apakah Syarat Menjadi STAFF Penerbangan Ada Tes Buta Warna?

Apakah Syarat Menjadi STAFF Penerbangan Ada Tes Buta Warna?

Apakah Syarat Menjadi STAFF Penerbangan Ada Tes Buta Warna? Menjadi seorang seorang pekerja STAFF penerbangan, baik itu sebagai pramugari, pilot, atau STAFF lainnya adalah keinginan sebagian besar orang.

Mereka mendambakan pekerjaan tersebut karena selain terlihat keren, pekerjaan ini memiliki penghasilan yang besar.

Selain itu Anda juga bisa berkeliling dunia menikmati pemandangan indah ataupun berlibur di suatu negara tempat saat sedang tidak bertugas.

Baca Juga : Inilah Keuntungan & Kelebihan Menjadi Pramugari Maskapai Penerbangan

Namun, cita-cita ini harus kandas bagi mereka yang memiliki penyakit buta warna. Karena semua penerbangan untuk merekrut staffnya memberikan persyaratan untuk tidak buta warna.

Alasan Buta Warna Tidak Di izinkan Menjadi STAFF Penerbangan

Buta warna adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada retina mata, sehingga tidak bisa menangkap spektrum warna dari pantulan cahaya.

Penderita buta warnacenderung memiliki kesulitan ketika melihat warna biru, hijau, merah, maupun campuran dari warna-warna tersebut.

Bagi seorang pekerja yang selalu berkaitan dengan warna seperti pekerjaan sebagai STAFF penerbangan ini tentu buta warna akan menyulitkannya saat bekerja.

Karena seorang STAFF penerbangan seperti pramugari memiliki tugas untuk selalu menjaga keselamatan penumpangnya. Dimana ia harus selalu sigap memencet tombol berwarna merah saat terjadi suatu kondisi darurat.

Sedangkan seorang pilot, ia harus selalu fokus mengenai kondisi di luar pesawat baik itu cuaca langit maupun segala rintangan yang menghadang, alat-alat yang ia kemudikan.

Dan apabila seorang buta warna bekerja di bagian STAFF penerbangan, tentu akan membuat kacau keadaan penerbangan tersebut.

Penyebab Buta Warna

Setelah Anda mengetahui mengapa persyaratan menjadi STAFF penerbangan ada tes buta warnaya, kini Anda harus mengetahui penyebab dari buta warna itu sendiri. Ada beberapa hal yang menyebabkan penyakit ini, antara lain:

1. Faktor Keturunan

Bagi seorang pasangan suami istri yang keduanya adalah pembawa gen buta warna, maka dipastikan anak perempuan mereka akan mengidap buta warna juga.

Akan tetapi bila sang ibu yang menjadi pembawa gen buta warna dan sanga ayah memiliki penyakit buta warna, maka anak yang cenderung menderita buta warna ialah anak laki-laki.

Sedangkan apabila sang ayah yang menderita buta warna seorang dan sang ibu tidak memiliki riwayat buta warna, anak mereka nantinya akan jauh dari penyakit buta warna tersebut.

2. Usia

Faktor usia memang sangat berpengaruh terhadap fungsi organ tubuh termasuk mata. Seseorang yang bertambah usia juga akan mengurangi kemampuannya dalam membedakan warna.

Hal ini dalah suatu kejadian yang alami dan tidak perlu ditanggapi secara berlebihan.

3. Penyakit

Selain faktor keturunan dan usia, buta warna juga disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti parkinson, alzheimer, glaukoma, leukimia, diabetes, anemia, dan lain sebagainya.

Semua penyakit-penyakit tersebut membuat tubuh kita melemah dan bahkan kemampuan untuk membedakan warna akan berkurang seiring waktu.

4. Efek Samping Pengobatan Tertentu

Perlu Anda ketahui bahwa buta warna ini juga bisa disebabkan oleh efek samping dari suatu pengobatan tertentu. Pengobatan yang dimaksud ialah digoxin, phenytoin, klorokuin, dan sildenafil.

Akan tetapi efek dari pengobatan ini tidak bertahan lama, alisa dapat kembali normal setelah berhenti mengonsumsi obat tersebut.

Baca Juga : Inilah Tes Fisik STAFF Penerbangan Sebelum Bertugas di Bandara

Itulah penjelasan mengenai tes buta warna yang digunakan sebagai syarat untuk melamar pekerjaan seperti STAFF penerbangan.

Apabila Anda bercita-cita sebagai STAFF penerbangan, maka Anda harus melakukan ceck up terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Anda bebas dari enyakit tersebut.

Karena apabila Anda dinyatakan memiliki buta warna, Anda harus rela mengubur cita-cita tersebut. Beralihlah pada harapan dan cita-cita yang baru dan jangan patah semangat, karena kesempatan yang lain juga terbuka untuk Anda.

Informasi Sekolah Penerbangan

Bagi kalian yang berminat bekerja di dunia penerbangan, seperti menjadi pramugari, pramugara, ataupun staff penerbangan tidak ada salahnya mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan. FAAST Penerbangan merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik yang ada di Indonesia.

FAAST Penerbangan memiliki fasilitas yang memadai, didukung dengan instruktur yang berpengalaman dibidangnya, serta biaya pendidikan yang terjangkau membuat sekolah ini menjadi sekolah penerbangan yang wajib kalian pilih. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi website FAAST Penerbangan.

Demikian ulasan tentang Apakah Syarat Menjadi STAFF Penerbangan Ada Tes Buta Warna? Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: